Inilah Saatnya Anda Mulai Berbisnis!

Mulai Berbisnis

Semenjak wabah virus Corona melanda, lebih dari satu dari tiga pekerja Indonesia harus dirumahkan dan diputus kontrak kerjanya. Mulai berbisnis akhirnya menjadi salah satu dari sekian solusi untuk mengatasi masalah keuangan yang terjadi.

Namun pertanyaannya, apakah membuka bisnis  bisa menghasilkan cukup uang? Atau lebih baik Anda tetap menjadi karyawan dan kembali ke rutinitas harian kantor dengan mencari pekerjaan lain? Untuk memutuskan apakah Anda perlu melakukan lompatan, tanyakan pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini terlebih dahulu.

Hal-hal yang Harus Dipertimbangkan untuk Mulai Berbisnis Freelance

Berikut adalah tips dari Omerikh bagi Anda yang ingin memulai untuk berbisnis:

1. Apakah Ada Pasar untuk Layanan Anda?

Semua orang memiliki teman yang memulai kegiatan sampingan hanya untuk mengetahui bahwa hobi mereka tidak harus dimaksudkan untuk menjadi karir. Seringkali, bisnis sampingan ini karena tidak ada pasar untuk minat mereka atau karena pasar terlalu banyak untuk dijadikan ladang bisnis.

Jika Anda ingin berbisnis, Anda jelas ingin mengetahui apakah ada permintaan untuk layanan Anda sebelum Anda keluar dari pekerjaan harian Anda. Cara terbaik untuk melakukannya adalah cari apakah ada pasar untuk layanan yang Anda berikan.

2. Seperti Apa Situasi Keuangan Anda?

Idealnya, Anda akan memasuki karir baru Anda dengan sejumlah tabungan untuk dana darurat Anda sampai Anda mulai mendapatkan penghasilan baru. Namun di luar perhitungan itu, penting untuk memiliki gagasan yang bagus tentang anggaran bulanan Anda sebelum Anda mulai freelance.

Apa yang Anda lihat untuk memulai bisnis lepas Anda? Berapa biaya hidup Anda saat ini? Apakah ada biaya yang dapat Anda potong untuk berhemat sementara Anda membangun bisnis?

3. Apakah Bisnis Menghasilkan Cukup Uang?

Mari asumsikan bahwa pekerjaan penuh Anda dibayar setiap jam, maka hitunglah tarif per jam Anda. Jika Anda digaji, ambil saja gaji mingguan atau dua mingguan dan bagilah dengan jam kerja.

Jika Anda berasal dari lingkungan kerja yang memberikan banyak bayaran besar dan bonus untuk hal-hal seperti asuransi kesehatan, tunjangan pensiun,  sakit, dan sebagainya, Anda juga harus menghitung nilai perkiraan kontribusi tersebut.

Beberapa pengusaha menawarkan total pernyataan kompensasi setiap tahun yang mencakup nilai manfaat ini. Jika gagal, Anda mungkin dapat mengetahui angka perkiraan dari pendapatan Anda. Untuk mendapatkan gambaran tentang apa yang seharusnya Anda lakukan, berdiskusilah dengan pebisnis yang sukses dan fokus dengan rencana Anda.

4. Apakah Anda Orang yang Terorganisir atau Bersedia Mengorganisir Karyawan?

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan pebisnis baru adalah tidak memiliki sistem. Saat Anda bekerja untuk diri sendiri, Anda bertanggung jawab untuk mengelola pekerjaan yang telah Anda lakukan, menagih upaya Anda, dan membayar pajak atas penghasilan Anda.

Bisakah di kemudian harinya Anda mengelola karyawan Anda dengan sebaik mungkin? Jika Anda tidak mau berurusan dengan aspek di atas, Anda mungkin lebih baik tetap dengan pekerjaan Anda.

5. Bisakah Anda Mengelola Waktu Anda?

Bagi sebagian orang, berbisnis bukanlah pilihan yang mudah. Mereka membutuhkan rutinitas yang aktif agar produktif. Jika Anda dapat tidur dengan nyaman sampai siang hari dan tidak pandai memenuhi tenggat waktu, menjadi pebisnis mungkin bukan jalur karir bagi Anda. Penting untuk memahami apa yang Anda butuhkan untuk sukses.

Namun, jika Anda lebih suka bekerja secara mandiri bahkan ketika Anda memiliki pekerjaan penuh waktu dan Anda adalah seorang pemula yang tidak membutuhkan banyak pengawasan, memulai bisnis mungkin sangat cocok untuk Anda.

6. Bisakah Anda Menjadi Fleksibel?

Pebisnis akan selalu menghadapi tren pasar yang selalu berubah. Tarif akan naik dan turun, klien muncul dan menghilang, tren industri mengambil alih dan kemudian hilang. Perubahan pasar adalah aspek menarik dari berbisnis. Anda tidak boleh bosan menghadapi perubahan ini. Memang menakutkan, tapi jika Anda adalah seseorang yang berani mengambil resiko, maka apa salahnya dicoba?

Pebisnis paling sukses bukan hanya pekerja keras dan kreatif. Mereka juga fleksibel dan ulet. Jika Anda dapat beradaptasi, Anda dapat bertahan dan bahkan berkembang dalam karir yang menantang ini. Semoga tips di atas mampu menjadi motivasi Anda untuk segera mulai berbisnis demi bertahan hidup saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *