Apa yang Harus Dilakukan Ketika Membuat Kesalahan di Tempat Kerja?

Kesalahan di Tempat Kerja

Seperti yang banyak orang katakan, semua orang pasti pernah membuat kesalahan. Dalam banyak situasi, Anda dapat memperbaiki kesalahan Anda atau melupakannya dan melanjutkan kegiatan Anda yang lain. Namun, membuat kesalahan di tempat kerja adalah hal yang jauh lebih serius. Kesalahan di tempat kerja bisa berdampak buruk pada bos Anda.

Misalnya, dapat membahayakan hubungan dengan klien, menyebabkan masalah hukum, atau membahayakan kesehatan dan keselamatan orang. Dampak kesalahan yang tidak sengaja Anda lakukan pada akhirnya akan mengarah ke Anda. Hanya memperbaiki kesalahan Anda dan melanjutkan mungkin bukan opsi. Ketika Anda membuat kesalahan di tempat kerja, karir Anda mungkin bergantung pada apa yang Anda lakukan selanjutnya. Lalu apa yang harus dilakukan?

Hal-hal yang Harus Diambil untuk Perbaiki Kesalahan di Tempat Kerja

Berikut langkah-langkah dari Omerikh yang bisa Anda ambil jika melakukan kesalahan di tempat kerja :

1. Akui Kesalahan Anda

Begitu Anda menemukan sesuatu yang salah, segera beri tahu atasan Anda. Satu-satunya pengecualian adalah, tentu saja, jika Anda membuat kesalahan yang tidak signifikan dan tidak akan mempengaruhi siapa pun atau jika Anda dapat memperbaikinya sebelum itu terjadi.

Kalau tidak, jangan mencoba menyembunyikan kesalahan. Jika Anda melakukan itu, Anda bisa terlihat jauh lebih buruk, dan orang lain bahkan bisa menuduh Anda melakukan penipuan. Mengakui kesalahan akan menunjukkan profesionalisme, suatu sifat yang sangat dihargai oleh atasan,

2. Temui Atasan dengan Rencana untuk Memperbaiki Kesalahan

Anda perlu membuat rencana untuk memperbaiki kesalahan Anda dan menyampaikannya kepada atasan Anda. Mudah-mudahan, Anda akan dapat menyatukan sesuatu sebelum Anda pertama kali mendekatinya, tetapi jangan buang waktu jika Anda tidak bisa. Yakinkan dia bahwa Anda sedang mengerjakan suatu solusi.

Kemudian, setelah Anda tahu apa yang perlu Anda lakukan, presentasikan. Perjelas apa yang Anda pikir harus Anda lakukan dan hasil yang Anda harapkan. Beri tahu atasan Anda berapa lama untuk menerapkan solusi dari kesalahan itu dan berapa biaya yang terkait.

Pastikan untuk menyiapkan “Plan B”, seandainya bos Anda menolak “Plan A.” Meskipun melakukan kesalahan bukanlah hal yang baik, jangan lewatkan kesempatan untuk menunjukkan keterampilan Anda dalam memecahkan masalah.

3. Jangan Melemparkan Kesalahan pada Orang Lain

Dalam lingkungan yang berorientasi pada tim, ada peluang bagus bahwa orang lain juga bertanggung jawab atas kesalahan tersebut. Sementara orang-orang biasanya senang mengambil pujian atas keberhasilan, mereka enggan melakukan kesalahan. Jika Anda bisa, mintalah setiap orang untuk mendekati bos Anda bersama untuk mengingatkannya bahwa ada sesuatu yang salah.

Sayangnya, Anda mungkin tidak dapat mewujudkannya. Akan ada beberapa orang yang mengatakan “itu bukan salahku.” Jangan lempar kesalahan itu ke orang lain jika memang kesalahan yang terjadi di tempat kerja adalah karena Anda.

4. Minta maaf, tapi Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Ada perbedaan besar antara mengambil tanggung jawab dan menyalahkan diri sendiri. Akui kesalahan Anda tetapi jangan mencaci maki diri sendiri karena telah membuatnya, terutama di depan umum. Jika Anda terus memperhatikan kesalahan Anda, itulah yang akan melekat di pikiran orang. Anda ingin atasan Anda fokus pada tindakan Anda setelah Anda melakukan kesalahan, bukan pada kenyataan bahwa kesalahan itu terjadi sejak awal.

Bagaimana? Apakah 4 langkah di atas sudah bisa membantu Anda menemukan solusi mengatasai kesalahan di tempat kerja? Jangan takut! Selagi bisa diperbaiki, mengapa tidak untuk diakui?

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *