6 Gejala Anxiety yang Perlu Diketahui

gejala anxiety

Anda mungkin akrab dengan beberapa gejala fisik kecemasan seperti merasakan berdebar kencang sebelum kencan pertama atau keringat yang banyak. Tetapi Anda mungkin kurang terbiasa dengan bagaimana kecemasan muncul secara fisik dalam gangguan anxiety. Ketika gejala anxiety muncul, orang cenderung kurang fokus pada fisik dan lebih pada kecemasan dan ketakutan yang luar biasa.

Semua pakar kesehatan mengatakan, bahwa sangat penting untuk mengenali gejala-gejala fisik anxiety ini untuk tahu apa yang Anda hadapi. Jika tidak mengenali gejalanya dengan baik, maka akan sulit untuk mencari perawatan yang Anda butuhkan agar merasa lebih baik.

Apa Sebenarnya Anxiety Itu?

Anxiety adalah istilah umum untuk serangkaian perasaan tidak nyaman seperti rasa takut, khawatir, dan stres. Kadang-kadang orang menggambarkan masa stres yang terus menerus sebagai anxiety, tetapi mereka mampu mengatasi dan beralih dari anxiety ini tanpa stres yang berlebihan.

Ada berbagai gangguan anxiety yang benar-benar dapat mengganggu kehidupan seseorang. Salah satunya adalah gangguan anxiety umum, yang terjadi ketika Anda mengalami ketakutan yang sangat besar dan tidak proporsional tentang sejumlah keadaan dan peristiwa. Sementara yang lain adalah gangguan anxiety sosial, yang terjadi ketika sedang interaksi sosial yang memicu perasaan khawatir.

Namun gangguan anxiety lain yang kemungkinan besar pernah Anda dengar adalah gangguan panik. Pertarungan rasa takut ini begitu kuat sehingga orang-orang dengan gangguan panik sering khawatir tentang mengalami serangan panik di masa depan dan menghindari apa pun yang mereka memicu kepanikan.

Meskipun pemicu berbagai gangguan anxiety dapat berbeda, satu kesamaan utama yang mereka miliki adalah potensi untuk menyebabkan gejala fisik anxiety. Jadi apa saja gejala fisik dari anxiety yang harus diwaspadai?

6 Gejala Anxiety

Berikut adalah gelaja anxiety menurut Omerikh yang perlu Anda ketahui:

1. Jantung Berdegup Kencang

Jantung berdegup kencang adalah tanda umum anxiety. Penelitian menunjukkan bahwa ketika Anda berurusan dengan sesuatu yang membuat stres dan kelenjar adrenalin Anda mengeluarkan hormon epinefrin, reseptor di jantung Anda bereaksi dengan mempercepat detak jantung Anda.

Hormon ini memungkinkan Anda untuk memompa lebih banyak darah ke otot-otot besar Anda sehingga secara teoritis Anda bisa melarikan diri atau melawan ancaman. Tetapi jika Anda berurusan dengan anxiety, jantung yang berdetak hanya bisa membuat Anda merasa lebih gugup.

2. Kehabisan Napas

Darah mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh Anda. Jika Anda bernapas terlalu cepat (juga dikenal sebagai hiperventilasi), Anda sebenarnya dapat meningkatkan banyak gejala anxiety fisik karena keseimbangan oksigen-karbon dioksida Anda hilang.

3. Terus-Menerus Kelelahan

Perasaan lelah yang terus-menerus adalah tanda umum dari anxiety. Alasannya adalah peningkatan anxiety yang diaktifkan oleh hormon stres dapat membuat Anda tetap terjaga dengan rasa kewaspadaan tinggi, yang bisa sangat menguras tenaga.

4. Tidur Menjadi Kacau

Seseorang dengan anxiety mungkin mengalami kesulitan tidur tertidur, atau mungkin tidur dengan rasa gelisah dan tidak memuaskan. Peningkatan kadar hormon seperti kortisol dan adrenalin membuat sulit untuk tidur nyenyak, karena tubuh Anda yang berdengung mungkin tidak bisa cukup rileks untuk beristirahat.

5. Otot-otot Terasa Sakit

Otot yang tegang merupakan bagian dari respons stres. Memegang bagian-bagian tubuh begitu kaku dalam waktu lama dapat menyebabkan rasa sakit. Ada banyak orang dengan anxiety melaporkan perasaan tegang di leher, punggung, atau bahu mereka.

6. Berkeringat Banyak

Berkeringat adalah efek samping umum dari gangguan anxiety. Ketika sistem saraf simpatik Anda diaktifkan, maka itu dapat mempengaruhi kelenjar keringat di seluruh tubuh. Anda mungkin juga akan merasa kesulitan menelan. Kegelisahan dapat menyebabkan beberapa orang merasa sesak di tenggorokan bahkan seperti ada sesuatu yang tersangkut di sana.

6 gejala anxiety di atas merupakan yang paling umum dan sering terjadi kepada penderita anxiety. Segera temukan jalan keluar ketika Anda terserang gejala tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *