4 Cara Menetapkan Tujuan Keuangan yang Memajukan Bisnis Anda

cara menetapkan tujuan keuangan

Setiap bisnis harus memiliki  misi tertulis dengan tujuan yang dinyatakan secara jelas dan mencerminkan nilai-nilai inti bisnis Anda. Pernyataan misi harus dipertimbangkan ketika mengembangkan rencana bisnis serta tujuan dan sasaran bisnis Anda. Menetapkan pernyataan misi adalah penting pada tahap awal bisnis sehingga Anda selalu memiliki pengingat tertulis tentang mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan dan bagaimana Anda seharusnya melakukannya.

Dengan misi, maka bisnis Anda dapat berkembang dan berubah dari waktu ke waktu. Misi harus selalu dipertimbangkan ketika mengembangkan tujuan bisnis baik jangka pendek maupun jangka panjang. Jika misi dan tujuan Anda berubah secara signifikan, tujuan Anda juga perlu disesuaikan untuk mencerminkan perubahan itu.

4 Cara Menetapkan Tujuan Keuangan

Menurut Omerikh, berikut cara menetapkan tujuan keuangan dari yang bisa Anda terapkan:

1. Menjadi Kaya Tidak Hanya Menjadi Satu-Satunya Tujuan Anda

Jika satu-satunya tujuan Anda adalah money-sentris dan keuntungan finansial adalah semua yang pernah Anda fokuskan, maka Anda bisa menghalalkan segala cara agar bisnis Anda menghasilkan banyak uang. Baik itu melakukan pemasaran yang menipu atau tidak sesuai dengan nilai-nilai inti Anda agar penjualan tinggi.

Cukup menghasilkan uang tidak boleh menjadi tujuan eksklusif dari bisnis apa pun. Berfokus pada peningkatan pendapatan tanpa memedulikan merek dan visi perusahaan adalah kesalahan umum.

2. Tujuan Bisnis Kecil Perlu Memfasilitasi Tujuan Keuangan Lebih Besar

Cara menetapkan tujuan keuangan bukan hanya menghasilkan 5 juta rupiah dalam penjualan adalah tujuan yang bagus, tetapi dengan sendirinya, itu adalah tujuan tanpa substansi, kecuali Anda telah memetakan tujuan lain untuk membantu memfasilitasi penjualan tersebut.

Jika uang adalah satu-satunya tujuan bisnis, maka Anda, karyawan Anda, dan bisnis semuanya akan menderita. Faktanya, studi tentang disiplin, pengendalian diri, dan kesuksesan menunjukkan bahwa energi tinggi yang terus menerus dikeluarkan untuk mencapai kesuksesan dapat menjadi tidak sehat bagi Anda.

3. Buat Tujuan Yang Lebih Besar

Setiap tujuan jangka panjang atau besar harus memiliki tujuan atau langkah yang lebih kecil untuk membantu Anda mencapai tujuan yang lebih besar. Sebagai contoh, katakanlah bahwa tujuan besar Anda adalah menghasilkan 1 juta rupiah per hari. Bagaimana Anda akan melakukannya? Langkah-langkah apa yang diperlukan untuk meningkatkan penjualan? Bagaimana Anda menangani peningkatan pesanan? Apakah Anda memerlukan produsen baru? Bagaimana Anda akan mengarahkan pemasaran ke sasaran itu?

Menjawab semua pertanyaan ini akan membantu Anda mengembangkan tujuan yang lebih kecil untuk mendukung tujuan utama Anda menghasilkan 1 juta dolar per hari. Mari lihat salah satu contoh di atas sebagai tujuan kecil.

Langkah-langkah apa yang diperlukan untuk meningkatkan penjualan? Anda mungkin perlu:

  • Beli lebih banyak persediaan untuk meningkatkan produksi
  • Meningkatkan stok gudang (meningkatkan biaya penyimpanan)
  • Luncurkan kampanye media sosial massal
  • Buat iklan radio
  • Latih staf Customer Service (CS) untuk menangani peningkatan penjualan

4. Menumbuhkan Bisnis Anda Dengan Menetapkan Tujuan yang Tepat

Semua bisnis nirlaba hadir untuk menghasilkan pendapatan (laba) dan tujuan Anda harus berjuang untuk kesuksesan finansial. Tetapi ingatlah untuk meluangkan waktu membuat tujuan non-moneter yang membangun bisnis Anda dengan cara :

  • Branding mendorong loyalitas pelanggan, yang dapat menyebabkan penjualan berulang.
  • CS yang hebat dapat menghasilkan ulasan bagus yang mendorong orang lain untuk memercayai bisnis Anda.
  • Mengembangkan karyawan dengan memberikan mereka pelatihan juga akan membantu Anda membangun bisnis Anda.

Bisnis yang kuat bukanlah bisnis yang menghasilkan banyak uang karena konsumen bisa berubah-ubah, pasar bisa berubah, dan apa yang berhasil dulu mungkin tidak bekerja untuk yang kedua kalinya.

Bisnis yang dibangun dengan kokoh memiliki daya tahan berdasarkan reputasi mereka bukan hanya karena cadangan finansial mereka. Semoga 4 cara menetapkan tujuan keuangan yang memajukan bisnis Anda di atas bisa membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *