11 Buah Jeruk Terbaik dan Manfaat Kesehatannya

Buah Jeruk Terbaik

Buah jeruk dikenal karena aroma dan rasanya yang khas. Selain membawa rasa tajam buah ini uga dipenuhi dengan vitamin, mineral dan antioksidan penting. Faktanya, penelitian terbaru telah menemukan bahwa makanan super asam ini dapat menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang mengesankan. Dari memerangi pertumbuhan kanker hingga memerangi batu ginjal. Jadi, ada banyak alasan untuk mengkonsumsi lebih banyak buah jeruk ke dalam rutinitas harian Anda. Yuk, cari 11 macam jeruk terbaik dan manfaatnya untuk kesehatan.

Buah Jeruk Terbaik

Buah jeruk adalah sekelompok buah yang termasuk dalam famili Rutaceae, atau rue. Buah-buahan ini berasal dari pohon jeruk berbunga dan semak, yang asli di banyak bagian Asia dan Australia dan dibudidayakan di seluruh dunia.

Buah ini terkenal karena kulitnya yang tebal dan rasanya yang unik, yang dapat berkisar dari asam hingga manis. Jeruk biasanya mengandung serat, vitamin C, dan antioksidan yang tinggi. Selain menambahkan sedikit rasa ke smoothie, dan salad buah. Buah ini juga bisa digunakan untuk membuat jus dan selai.

Ada banyak bahan yang dikenal pada daftar buah jeruk, termasuk lemon, jeruk nipis dan jeruk bali. Namun, ada beberapa lainnya yang mungkin tidak begitu terkenal, seperti tangelo, kumquat, dan buah yuzu.

Berikut adalah 11 buah jeruk terbaik

  1. Clementine
  2. Limau
  3. Jeruk bali
  4. Kumquat
  5. Jeruk nipis
  6. Jeruk mandarin
  7. Pomelo
  8. Jeruk Sevilla
  9. Tangelo
  10. Jeruk keprok
  11. Jeruk yuzu

Manfaat Konsumsi Jeruk

Kaya akan serat, antioksidan dan banyak nutrisi mikro, penelitian menunjukkan bahwa menikmati satu atau dua porsi buah jeruk setiap hari dapat meningkatkan segalanya, mulai dari kesehatan pencernaan hingga fungsi otak. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari buah jeruk yang dilansir dari Omerikh:

1. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Buah jeruk kaya serat, sejenis karbohidrat yang tidak bisa dicerna sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan usus. Selain menambahkan kotoran ke tinja untuk mencegah sembelit, serat telah terbukti meningkatkan beberapa aspek kesehatan pencernaan lainnya. Secara khusus, penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan serat dapat melindungi dari kondisi seperti wasir, refluks asam, dan divertikulitis.

Tidak hanya itu, jeruk juga mengandung serat jenis tertentu yang bertindak sebagai prebiotik, termasuk pektin. Prebiotik membantu mendorong pertumbuhan bakteri bermanfaat dalam usus, yang dapat memengaruhi segala sesuatu mulai dari peradangan hingga penyerapan nutrisi dan seterusnya.

2. Melindungi Terhadap Batu Ginjal

Batu ginjal terjadi ketika endapan mineral keras terbentuk di lapisan dalam ginjal, menyebabkan gejala seperti nyeri, mual, muntah dan darah dalam urin. Meskipun ada beberapa jenis dan penyebab batu ginjal, penyakit ini sering terjadi ketika kadar sitrat dalam urin menjadi terlalu rendah.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa jeruk dapat membantu meningkatkan kadar sitrat dalam urin untuk mencegah pembentukan batu ginjal. Terlebih lagi, penelitian juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi jeruk dalam jumlah yang lebih tinggi dapat dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena batu ginjal dari waktu ke waktu.

3. Memerangi Pertumbuhan Sel Kanker

Buah jeruk penuh dengan antioksidan, yang merupakan senyawa bermanfaat dalam melawan stres oksidatif untuk melindungi terhadap kerusakan sel. Antioksidan dianggap memainkan peran sentral dalam kesehatan dan penyakit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jeruk dapat membantu dalam pencegahan berbagai kondisi kronis, termasuk kanker.

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa memasukkan lebih banyak buah jeruk ke dalam makanan dapat dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari jenis kanker tertentu. Sebuah meta-analisis 2015 yang diterbitkan dalam Medicine, menemukan fakta bahwa peningkatan asupan jeruk dikaitkan dengan risiko kanker kerongkongan yang lebih rendah.

Sementara itu, penelitian lain telah mengaitkan konsumsi jeruk dengan risiko kanker paru-paru, perut, payudara, dan pankreas yang lebih rendah.

Sudah tahu manfaat dari buah jeruk bukan? Ayo, perbanyak konsumsi jeruk mulai saat ini dan dapatkan manfaatnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *